Wartawan SCTV di Aniaya

Didemo Wartawan Bandung, BI Minta Maaf

BANDUNG - Puluhan wartawan Bandung dari berbagai media cetak dan elektronik menggereduk Gedung Bank Indonesia (BI) di Jalan Braga 108, Kota Bandung. Ini dilakukan terkait aksi solidaritas kepada wartawan SCTV Carlos Pardede yang menjadi korban kekerasan satpam BI.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat Patria Hidayat mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan tindakan oknum satpam yang arogan dan semena-mena. "Kami hanya ingin dihargai dalam menjalankan tugas. Tapi mereka kerap memperlakukan jurnalis semena-mena," ujar Patria dalam orasinya, Kamis (14/5/2009).

Sementara itu, Kepala Humas BI Bandung Hernawan mengatakan, pihak BI sangat menyesalkan insiden yang terjadi kemarin dan sangat tidak mengharapkan. "Selama ini hubungan BI dengan rekan-rekan pers sangat baik. Itu kejadian yang pertama dan terakhir dan sangat kami sesalkan," ungkapnya.

Saat ini, kata Hernawan, sikap yang diambil BI menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum yang berlangsung. "Kita hormati pihak berwajib untuk menangani itu. Kami mohon maaf, semoga tidak terjadi lagi kedepannya," tukasnya.

Aksi damai ini juga diwarnai pembacaan pernyataan sikap oleh Koordinator Aksi Denay Lesmana. Di antaranya meminta pihak BI meningkatkan profesionalisme satuan pengamanan dan memberikan pelayanan yang wajar terhadap siapapun yang berada di lingkungan BI.

Mereka juga menuntut adanya akses informasi yang luas bagi kalangan media atas dasar saling menguntungkan, memohon maaf atas sikap kasar pada wartawan televisi SCTV Carlos Pardede, dan memberikan tindakan sesuai aturan internal BI terhadap oknum satpam yang berlaku kasar. (Yugi Prasetyo/Koran SI/teb)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAUDHA'AH (SE-SUSUAN) DALAM PANDANGAN ULAMA MADZHAB

Arti mori dalam pengesahan

Khasiat daun ubi jalar