4 hal buruk untuk kulit anda

EMPAT KEBIASAAN BURUK UNTUK KULIT

Jangan kira kerutan dan tanda-tanda penuaan dating begitu saja seiring bertambahnya umur. Anda mungkin tak akan mengira bahwa kebiasaan sehari-hari yang tampak sepele ternyata bisa membuat kulit tampak lebih tua. Apa sajakah itu?

Menurut Mary P Lupo MD, dermatolog asal New Orleans, mengatakan ada beberapa kebiasaan buruk yang mempercepat penuaan kulit. Berikut ini seperti dikutip dari situs Health.

1. Memakai scrub pembersih muka

Orang mengira scrub bisa mengangkat kotoran di wajah dengan lebih bai, namun kenyataannya pembersih yang mengandung scrub justru membuat kulit teiritasi dan terkikis. Sebagai pengganti scrub, gunakan sabun pembersih saja. Jika punya waktu lebih, bisa juga menggunakan sedikit baking soda dan air hangat sebagai pembersih muka untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

2. Mandi dengan air hangat

Tak banyak yang tahu ternyata mandi dengan air hangat menyebabkan lapisan lemak yang melindungi sel-sel kulit menjadi rusak. Akibatnya kulit menjadi kering dan keriput. Mandi dengan air hangat disarankan tidak lebih dari 10 menit.


3. Menyisir rambut setelah mandi atau mencuci muka

Menyisir saat rambut dalam kondisi basah bisa merusak sel-sel kulit rambut, dan membuatnya cepat rontok, bahkan botak. Sebaiknya rapikan dulu rambut sebelum mandi dan lebih baik lagi gunakan toner untuk menguatan rambut.

4. Tidur telengkup (tengkureb) atau wajah menghadap perut

Jika posisi wajah anda menghadap kebawah (arah perut) saat tidur, maka siap-siap saja untuk lebih cepat berkeriput.gaya gravitasi membuat aliran darah tertarik kebawah. Akibatnya kulity akan bisa kehilangan elastisitas kolagen, dan terbentuklah kantung mata. Usahakan tidur dengan bantal yang rata. Menggunakan bantal dari bahan sain dan sutera juga bisa menggurangi resiko keriput.

( Sumber : Warta Kota,06-11-09 hlm. 04)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti mori dalam pengesahan

RAUDHA'AH (SE-SUSUAN) DALAM PANDANGAN ULAMA MADZHAB

Khasiat daun ubi jalar